2.15.2011

Yuk Mengenal Komputasi Modern

Hmm mendapatkan tugas membuat Artikel tentang Komputasi Modern untuk matakuliah Softskill , penulis juga belum terlalu paham dengan komputasi modern ini . Akhirnya setelah menjelajah di Internet penulis mendapatkan sedikit pemahamam mengenai komputasi modern . Secara singkat Komputasi Modern terdiri dari dua kata dimana Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dari inputan data dengan menggunakan algoritma. Lalu Modern yaitu dapat diartikan tidak kuno yaitu sesuai dengan teknologi pada zaman sekarang . Hmm kalau penulis artikan secara panjang kira-kira seperti inilah arti dai Komputasi Modern :

“Pengertian Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Komputasi merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern” . Bagaimana panjang bukan ? J

Kemudian penulis dapatkan setiap ada pembicaraan mengenai Komputasi Modern pastilah selalu disebutkan bapak yang satu ini ( hmm bapaknya eksis J ) yaitu John Vohn Neuman . Yuk kita tengok sedikit sejarah tentang komputasi Modern dan bapak John Vohn Neuman .

“Konsep dasar arsitektur komputer modern adalah konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya – karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer”.

Hmm setelah tahu mengenai sedikit sejarahnya Komputasi Modern , mari penulis lanjutkan mengenai manfaat komputasi modern dan bagaimana penggunaannya di masa sekarang .

Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :

1. Akurasi (bit, Floating poin)

2. Kecepatan (Dalam satuan Hz)

3. Problem volume besar (Down sizing atau paralel)

4. Modeling (NN dan GA)

5. Kompleksitas (Menggunakan teori Big O).

Hmm jadi dapat penulis simpulkan bahwa komputasi modern itu untuk “Mencari solusi dari suatu masalah dengan menggunakan komputer”

Untuk lebih jelasnya penulis lampirkan contoh komputasi modern :

  • Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
  • Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
  • Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
  • The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
  • Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).

Sekian dari penulis semoga tulisan ini bermanfaat .

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_komputasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi

http://phenomenalsite.co.cc/?p=46

No comments: